Jumat, 02 Maret 2012

Pemupukan Hara Spesifik Lokasi ( PHSL ) Padi Sawah

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian,  Kementerian Pertanian  RI bekerjasama dengan Internasional Rice Research Institute (IRRI) telah merilis panduan pemupukan padi sawah spesifik lokasi ini dengan nama Pemupukan Hara Padi Sawah Spesifik Lokasi (PHSL) atau disebut juga dengan Nutrien Manager for Rice (NM Rice).  Aplikasi piranti lunak telah dirilis cukup lama mulai Januari 2011, piranti ini disediakan untuk memudahlkan para petani, petugas teknis maupun penyuluh pertanian dalam menghitung kebutuhan pemupukan tanaman padi spesifik lokasi sehingga pemupukan dapat dilakukan secara tepat pada saat yang tepat.

Aplikasi ini sangat praktis karena anda hanya menjawab 15 – 20 pertanyaan tentang kondisi  setempat serta teknik budidaya padi  yang biasa anda lakukan dan anda akan menerima rekomendasi pemupukan padi spesifik lokasi sesuai dengan kondisi setempat.  Rekomendasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi padi yang ditanam dan meningkatkan keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengaplikasikan pupuk dengan jumlah yang tepat pada saat yang tepat.

Aplikasi panduan PHSL ini dapat diakses  menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.  Sedangkan versi Indonesianya dapat diakses juga dengan empat bahasa daerah yaitu bahasa Jawa, Sunda, Bali dan Bahasa Indonesia.  Anda tinggal  memilih bahasa yang paling mudah dimengerti dengan mengklik pilihan bahasanya dan lanjut pada halaman selanjutnya.  Silahkan diisi pertanyaan – pertanyaan yang diminta sesuai dengan keadaan di tempat kita.  Ketepatan hasil rekomendasi pemupukan hara spesifik lokasi yang dihasilkan oleh aplikasi ini tergantung kepada informasi yang anda masukan,  oleh karena itu masukan informasi yang diminta dengan tepat.

Untuk menggunakan aplikasi PHSL ini silahkan klik disini

Anda juga dapat mempelajari cara penggunaan aplikasi PHSL melalui tayangan video di bawah ini :


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar